SUHU AC YANG TEPAT UNTUK TIDUR

Pasti Anda mendengar bahwa kualitas tidur yang baik memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, kulit, dan bahkan sistem saraf Anda. Salah satu cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik adalah dengan cara mengatur suhu AC yang tepat. Dengan demikian, untuk mengatur suhu AC yang tepat bagi tubuh Anda, Anda perlu memperhitungkan kelembaban ruangan, sirkulasi udara, dan suhu tubuh Anda sendiri.

Hal ini diperkuat pula dengan adanya beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa suhu yang tepat saat tidur adalah 25°C. Tetapi, suhu yang tepat bisa sedikit berbeda bagi setiap orang. Ada beberapa tips dalam mengatur suhu AC yang tepat saat Anda tidur agar penggunaan AC Anda pun menjadi lebih hemat listrik.

suhu ac yang tepat, PT Mitra Sejuk Selaras

TIPS DALAM MENGATUR SUHU AC YANG TEPAT UNTUK TIDUR

1. Menutup semua jendela dan pintu

AC Anda dapat bekerja secara maksimal ketika semua jendela dan pintu dalam kondisi tertutup. Hal ini dapat membuat AC mendinginkan ruangan lebih cepat. Maka dari itu ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu apakah jendela dan pintu kamar sudah tertutup rapat. Setelah Anda yakin jendela dan pintu sudah tertutup rapat, maka Anda dapat mulai menyalakan AC.

2. Mengatur suhu secara bertahap

Saat pertama kali menyalakan AC, hindarilah mengatur suhu terlalu rendah. Atur suhu awal pada 28°C. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak kaget ketika menghadapi suhu yang lebir rendah. Jika tubuh Anda sudah mulai beradaptasi dan masih merasa kurang dingin, kurangi suhu hingga 1 atau 2 derajat dan tunggu hingga suhu ruangan berubah. Ulangi hingga Anda menemukan suhu yang nyaman untuk Anda.

3. Menaikkan suhu sebelum Anda tertidur

Ketika tidur, suhu tubuh Anda akan turun. Inilah alasannya mengapa Anda rentan merasa kedinginan saat terlelap meski sudah mengatur suhu yang tepat sebelum tidur. Solusinya adalah dengan menaikkan suhu sekitar 2-3 derajat sebelum Anda tertidur pulas. Sebagai contoh, suhu 22°C adalah suhu terakhir yang Anda atur, maka sesuai dengan yang disarankan, Anda perlu mengatur suhu AC menjadi 24 atau 25°C sebagai suhu AC ketika Anda tertidur.

4. Memanfatkan mode pada AC

Untuk menyerahkan suhu AC Anda secara otomatis, gunakanlah mode auto. Pada mode ini, AC akan mendeteksi suhu ruangan dan menyesuaikan sendiri suhu udara yang dibutuhkan untuk membuat ruangan cukup sejuk. Apabila Anda ingin mengatur AC Anda mati selama beberapa saat setelah Anda tertidur, Anda bisa memanfaatkan timer atau pengatur waktu otomatis. Dengan menggunakan mode ini, tidur Anda tidak akan terganggu hanya untuk mematikan AC.

BACA JUGA:

Butuh Konsultasi Terkait AC Dengan Tim Profesional?

Kontak kami sekarang.  Kami adalah HVAC Kontraktor Indonesia dengan pengalaman lebih dari 30 tahun.

Our Score
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *